Sabtu, 23 September 2017

Suka dan Duka Menjadi PNS

PNS 2017


Di Tahun 2017 ini diadakan tes CPNS di hampir semua Instansi Pemerintah dan hampir dipastikan peserta yang mengikuti seleksi akan berbondong bondong. PNS 2017 masih begitu diminati oleh masyarakat Indonesia, alasannya entah karena ingin mengabdi, kerja yang lebih ringan dibandingkan swasta atau karena keinginan orang tua (ini yang paling sering terjadi). Padahal setiap pekerjaan pasti ada suka dukanya tidak melulu kerja santai yang dilakukan, namun dari pengamatan saya bahwa setiap tahun peserta seleksi CPNS semakin banyak, hal ini semakin membuktikan bahwa pekerjaan menjadi PNS lebih banyak santai daripada sibuknya. Berikut ini, beberapa suka duka menjadi PNS berdasarkan rangkuman penulis.
Suka Duka Menjadi PNS
www.tribunnews.com


Suka Menjadi PNS
A.       Pensiun
Uang Pensiun Menjadi Motivasi tersendiri bagi mereka yang memilih hidupnya sebagai PNS. Mereka akan merasa aman dalam menjalani kehidupannya hingga akhir hidupnya, sehingga saat tua nanti, saat dimana fisik tidak lagi mampu bekerja mereka masih bisa mendapatkan uang dari pensiunan.

B.       Gaji Bulanan Terjamin
Mereka yang ingin merasa aman dalam menjalani kehidupannya, PNS adalah pekerjaan yang tepat Bagi Mereka. Gaji bulanan selalu ada dan terjamin tidak seperti mereka yang menjadi pengusaha apalagi yang baru memulai usaha tentu pendapatan tiap bulan mereka belum dapat dipastikan berapa. Pemikiran seperti ini biasanya ditanamkan orang tua yang bekerja PNS kepada anaknya. Perlu diketahui juga gaji PNS di beberapa Kementrian lebih besar daripada di beberapa Perusahaan Swasta.

C.       Jam Kerja yang Teratur
Rata – rata Jam Kerja PNS dari jam 07.30 – 16.00.  Dibanndingkan dengan Perusahaan Swasta, PNS jarang sekali memilki  jam lembur. Ketika ada meeting pun, PNS biasanya tetap memakai jam kerja dan tidak menggunakan diluar jam kerja untuk lembur,

D.      Peluang Beasiswa Lebih Besar
Kesempatan PNS untuk mengambil Beasiswa lebih besar, karena sejumlah kementrian telah bekerjasama dengan beberapa Universitas dalam maupun Luar Negeri. Mengapa PNS lebih mudah mendapatkan beasiswa dari Pemerintah??setelah mereka lulus di sebuah universitas mereka akan kembali mengabdi kepada  Negara karena status mereka adalah PNS. Berbeda dengan mereka peserta umum yang belum tentu mau menjadi Pegawai Negara setelah mereka lulus.

E.       Kenaikan Gaji
Menjadi PNS akan mendapatkan kenaikan gaji selama 2 tahun, kenaikan ini tidak dilihat dari kinerjanya tapi dari massa kerjanya.

F.       Mengabdi pada Negara
Bagi mereka yang memilik rasa Cinta Tanah Air yang tinggi, PNS akan menjadi tempat yang tepat untuk Mengabdi pada Negara. Tanpa PNS Negara tidak akan mampu menjalankan tugasnya sendirian.

Setelah membahas mengenai suka menjadi PNS, kali ini saya akan membahas tentang duka Menjadi PNS.

A.       Gaji relatif kecil
Dibandingkan dengan Pegawai Swasta ataupun Pengusaha, gaji PNS jauh lebih sedikit. Meskipun kenyataanya sekarang, ada beberapa Perusahaan yang menggaji karywannya tidak melebihi gaji PNS (meskipun tidak banyak). Kita bisa melihat kehidupan PNS saat ini, mereka yang hanya mengandalkan hidup dari gaji PNS tentu sangat sulit untuk mencukupi kebutuhannya apalagi jika mereka sudah berkeluarga dan memiliki anak.  Oleh karena itu, banyak orang menyarankan untuk membuka usaha sampingan selain mengandalkan gaji PNS. Dilihat dari kemudahan Bank dalam memberikan pinjaman Usaha bagi PNS tentu hal ini bisa dimanfaatkan bagi PNS yang memiliki sifat berani.

B.       Dinas Keluar Kota yang Melelahkan
Bagi beberapa Instansi pemerintahan Pusat, seringkali mengadakan perjalanan daerah keluar daerah. Tujuannya untuk mengontrol dan memonitor keadaan wilayah yang menjadi tanggung jawabnya.

C.       Mutasi Kerja
Mutasi Kerja menjadi hal yang tidak diinginkan bagi PNS, apalagi saat mereka sudah menikmati pekerjaan dan kehidupannya dimana dia tinggal saat itu. Tak jarang keluarga, mereka tinggalkan dalam waktu yang cukup lama sebelum akhirnya bisa kembali di tempat kerja nya saat itu.

Dilihat dari suka dan duka menjadi PNS, ternyata “suka” nya menjadi PNS jauh lebih banyak daripada “duka” nya. Maka tak heran jika banyak sarjana yang ingin mendaftar sebagai PNS (abdi Negara). Bagaimana dengan anda??

Nb: Kunjungi  Terus situs www.otakkecil.com untuk mendapatkan berita terupdate lainnya.

Share this

0 Response to "Suka dan Duka Menjadi PNS"