Senin, 25 September 2017

Tahukah Anda Tahun berapa Gunung Agung pernah Meletus?

Sejarah Gunung Agung Bali Meletus


Berita tentang Gunung Agung Bali dengan status awas (level IV) membuat para warga sekitar harus mengungsi dan tetap waspada. Gunung Agung sendiri merupakan gunung tertinggi di Bali terletak di kecamatan Rendang, Karang Asem Bali dengan ketinggian 3031 mdpl. Gunung Agung merupakan gunung yang paling eksplosif di Indonesia, ledakannya sangat dahsyat melebihi gunung Merapi di Yogyakarta dan Gunung Sinabung di Sumatera Utara, untuk itulah perlu kewaspadaan tinggi jika gunung ini sudah menunjukkan tanda-tanda eksplosif.
Sejarah Gunung Agung Meletus
sumber gambar Tribunnews.com

Gunung Agung Meletus sudah 4 kali, yaitu pada tahun 1808, 1821, 1843 dan yang paling terakhir sudah cukup lama yaitu tahun 1963, yang menewaskan 1148 dan 296 luka-luka.

Pada tahun 1808 gunung api mengeluarkan abu dan batu apung dengan jumlah yang sangat luar biasa hebat dan 1821 terjadi letusan lagi namun tidak sehebat tahun sebelumnya. Pada tahun 1843 terjadi letusan gunung yang diawali dengan gempa bumi, hujan abu vulkainik, pasir dan batu apung.
Lebih dari 120 tahun terlelap, tahun 1963 terjadi letusan dahsyat lagi yang memuntahkan abu vulkanik dan batu apung yang mengakibatkan ribuan orang meninggal akibat terkena awan panas. Pada 1963, awan panas itu bergerak sampai ke pantai Tulamben tempat wisata snorkeling. Letusan pada Tahun ini berdampak kerusakan dibeberapa tempat. Jika Tahun 2017 ini Gunung Agung kembali meluapkan “emosinya” di prediksi akan sama seperti 1963.

Kita berdoa dan berharap agar letusan kali ini tidak menimbulkan korban jiwa, masyarakat dihimbau untuk tidak naik ke pegunungan dan menjauhi gunung hingga 12 KM dari Puncak Gunung. Kejadian Alam seperti ini memang tidak bisa dicegah, hanya Tuhan yang tahu kapan itu akan terjadi.


Share this

0 Response to "Tahukah Anda Tahun berapa Gunung Agung pernah Meletus?"