Rabu, 25 Oktober 2017

Cara Registrasi Kartu SIM Prabayar


Pemerintah Indonesia melalui kementrian komunikasi dan informatika mengeluarkan peraturan baru kepada semua pengguna kartu SIM prabayar. Semua pengguna kartu sim prabayar wajib meregistrasi menggunakan Nomor KK dan Nomor NIK. Peraturan ini berlaku bagi orang yang baru pertama kali beli kartu (Kartu Perdana) maupun kartu yang sudah lama. Registrasi tersebut bisa dilakukan dengan mudah namun akan sedikit berbeda pada masing-masing operator.

Cara Registrasi Kartu Sim Prabayar


Cara registrasi kartu sim prabayar untuk pengguna lama baik telkomsel, Xl Axiata, Indosat, Smartfren dan tru dengan mengirim sms ke nomor 4444 dengan format sebagai berikut ULANG#(16 Digit NIK)#(16 digit nomor KK), untuk pelanggan baru khusunya XL harus mengirim sms dengan format Daftar#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK), sedangkan untuk pengguna bari telkomsel dengan format REG#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK). Semua operator memiliki format masing-masing dalam mendaftarkan kartu sim prabayar.

Dilain sisi, cara registrasi kartu sim prabayar ini dianggap terlalu menyulitkan bagi pengguna baru, pasalnya tidak semua orang ingat nomor KK masing-masing. Mengatasi hal ini, pemerintah harus lebih gencar dalam mensosialisasikan termasuk di social media maupun melaui Televisi. Pengguna kartu prabayar lama dan baru diharuskankan mendaftarkan kartunya mulai tanggal 31 oktober 2017 mendatang. Seluruh pengguna diwajibkan untuk mendaftar ulang paling lambat tanggal 28 februari 2018. Selain melalui SMS, calon pengguna juga bisa mendaftra melalui gerai, situ dan aplikasi masing-masing miliki operator.

Registrasi daftar ulang ini, wajib dilakukan bagi seluruh pengguna kartu prabayar, jika tidak dilakukan maka akan ada sanksi yang akan dikenakan, seperti pasal 22 (Peraturan Menteri KOMINFO nomor 12 tahun 2017), yang berisi sanksi administrasi sampai pencabutan izin bagi operator. Oleh karena itu mari kita sukseskan program pemerintah ini, karena peraturan ini juga akan berdampak baik bagi masyarakat seperti mengurangi adanya penipuan online karena dari nomer telepon kita bisa melacak nama pemilik bahkan dimana tempat tinggal nya, sehingga sangat memudahkan untuk dilacak.

Share this

0 Response to "Cara Registrasi Kartu SIM Prabayar"