Kamis, 26 Oktober 2017

Kisah Sukses Pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya


Siapa yang tidak mengenal Tokopedia!! Ya, Tokopedia adalah salah satu market place terbesar di Indonesia, sudah banyak pelaku Usaha mikro kecil menengah menikmati kesuksesan dari market place ini. Namun dibalik kesuksesan Tokopedia, tak banyak orang yang mengenal William Tanuwijaya sang pendiri Tokopedia. Setelah sebelummnya kita bahas pendiri Bukalapak, kini kita akan mengenal lebih dekat dengan pendiri Tokopedia. Baca: Kisah Sukses CEO Bukalapak

William Tanuwijaya lahir pada tanggal 11 november 1981 di Pematang Siantar Sumatera Utara. Setelah menamatkan SMA, dia melanjutkan kuliah di Bina Nusantara (BINUS) dengan jurusan Ilmu Informatika. Saat kuliah, dia pernah bekerja sebagai penjaga warnet tepatnya pada semester II. Di tempatnya bekerja inilah William mendapatkan berbagai keuntungan, misalnya tambahan uang saku dan internet gratis. Dia beripikiran bahwa dengan internet inilah, semua orang mendapatkan kemudahan belajar apapun yang dia mau, bahkan William pernah memiliki cita-cita untuk bekerja di Google dan Facebook, meski pada saat itu perusahaan tersebut belum ada kantor di Indonesia.

Kisah Sukses Pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya

Setelah lulus kulian William sempat bekerja sebagai karyawan selama 10 tahun di berbagai perusahaan software developer. Willi sadar, bahwa tak selamanya dia akan menjadi karyawan, saat tenaga nya sudah tidak mampu bekerja lagi, pasti perusahaan akan memecatnya.

Ketika awal membangun Tokopedia, Will sangat kesulitan mencari pendanaan modal, beberapa orang menrtawakan gagasan will dan bahkan ada yang meragukan latar belakang keluarga dan Pendidikan will yang dipandang sebelah mata, setelah hamper 2 tahun dia berhasil mendapatkan modal perdananya yaitu dari bos nya sendiri yang menyumbang modal sebesar 10% meski sempat diragukan, willian menyebutkan modal awal untuk membangun Tokopedia adalah 2,4 Milya sementara yang terpakai hanyalaj 900 juta. Tokopedia sendiri mulai dibangun 6 februari 2009 dan dirilis ke publis tepat ulang tahun kemerdekaan RI  ke 64 yaitu pada tanggal 17 Agustus 2009. Di tahun pertamanya Tokopedia langsung mendapatkan suntikan Investasi dan mendapatkan gelar eccomerce terbaik di Indonesia oleh  Bubu Awards.

Di Tokopedia inilah awal terciptanya jual beli online yang aman, setelah sebelumnya jual beli online sempat dimanfaatkan oleh para penipu. Dengan Tokopedia inilah, Willian memberikan harapan ke pada para pengusaha mikro kecil menengah karena untuk membuat toko tidak harus menyewa toko fisik sehingga tidak mengeluarkan dana yang cukup banyak.

William percaya bahwa kesuksesan itu akan tercapai dengan cara membantu orang lain sukses. Keberhasilan yang diperoleh William bukan semata-mata hasil dari kerja kerasnya sendiri namun dari berbagai pihak yang ikut andil dalam membesarkan Tokopedia. Wiiliam selalu ingat pepatah dari Bung Karno, bermimpilah setinggi langit karena saat terjatuh kau akan jatuh diantara bintang-bintang.


Bagi sobat otakkecil.com yang ingin menjadi seorang pengusaha sukses, jangan pernah takut untuk mencoba meskipun itu dari  ide yang sangat kecil. Ketakutan hanya akan membuat kita menjadi kecil hati. Bukalah matamu dengan melihat betapa indahnya dunia walau hanya dari internet. Nikmatilah jika anda masih menjadi karyawan saat ini, tapi selalu terbukalah untuk perubahan karena tak ada satupun karyawan yang bisa menikmati kebebasan. Bermimpilah setinggi-tinggi meskipun Engkau takut akan  kegagalan tapi selalu coba dan mencoba, karena ini adalah kisah hidupmu sendiri, Kita tidak boleh menyerah.

Share this

0 Response to "Kisah Sukses Pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya"