Senin, 02 Oktober 2017

Kisah Sukses Soichiro Honda

Namanya Soichiro, Lahir dengan kemampuan otak yang terbatas, sering sakit-sakitan dan tidak mempunyai wajah yang rupawan. Di kelas dia dikenal pendiam, duduk paling belakang agar guru tak melihat. Ayahnya mempunyai bengkel reparasi pertanian, Soichiro sangat suka menghabiskan waktu menunggu ayahnya di Bengkel tersebut yang terletak di  Desa Kamyo, Distrik Shizuko Jepang. Simaklah kisah sukses Soichiro ini.
Kisah Sukses Soichiro Honda
Sumber www.goalhabits.com

Pada usia 15 tahun dia berhenti sekolah atas keinginannya sendiri dan memilih bekerja di bengkel mesin  di hart Shokai Company, hingga 6 tahun berselang dia dipercaya untuk mengelola sebuah cabang berkat ketekunan dan keuletannya itu. Bengkel yang dikelola Soichiro tumbuh berkembang sangat pesat namun alih-alih bertahan dan mendapat gaji besar di bengkel ini, Soichiro memilih keluar dan mendirikan bengkel sendiri yang memproduksi ring piston. Produknya tersebut ditawarkan di perusahaan Toyota namun ditolak mentah-mentah dengan alasan standar yang jauh dibawah kualitas, dia pun diejek teman-temannya yang masih bertahan di bengkel tempat ia bekerja. Karena begitu sangat terpukul, dia jatuh sakit.

Merasa gagal dengan karyanya, Soichiro muda memutuskan kuliah untuk meperbaiki kesalahan-kesalahan pada hasil karyanya dulu. Hanya bertahan dua tahun dia Kuliah dan memutuskan untuk keluar kuliah. “Ketika kuliah saya merasa sekarat, karena ketika lapar tidak diberi makaan namun dipenuhi penjelasan banyak tentang hukum makan dan pengaryhnya” Ujar nya berfilosofi. Setelah keluar kuliah, dia mencoba beberapa usaha lainnya, namun selalu gagal dan bangkrut.

Pada 1947, Ekonomi Jepang sangat lemah setelah Perang Dunia II Jepang mengalami kekalahan. Soichiro harus menjual mobilnya agar keluarganya bisa terccukupi kebutuhannya. Dalam keadaan terdesak, dia memasang motor kecil disepedanya sebagai pengganti Mobil yang dia jual dan tak disangka-sangka “Sepeda Motor” ini diminati oleh tetangganya dan terjual keras. Di titik inilah Dia merasa telah menemukan arah hidupnya.

Dari kejadian itulah, Soichiro mulai membangun Pabrik motor yang terus berkembang pesat hingga pabrik mobil ia dirikan. Saat ini produknya telah tersebar dipelosok dunia, termasuk Indonesia dan mampu menyaingi Toyota.
Soichiro Honda, itulah sosok yang dikenal oleh Dunia, bukan orangnya tapi karya nya yang sangat terkenal, Motor dan Mobil Honda sudah tersebar di seantero bumi ini, termasuk Indonesia, mungkin diantara Anda yang membaca juga menggunakan produk ini, berterimakasihlah pada Soichiro. “Mereka melihat saya dari kesuksesan saya, padahal kesusksesan itu hanya 1% dan 99% kegagalan.”Ujar Soichiro.


Share this

0 Response to "Kisah Sukses Soichiro Honda"