Selasa, 24 Oktober 2017

Lima Cara Mengatasi Kartu SD Rusak

Pernahkah saat Anda melihat galleri di Hp tiba-tiba sebagian file baik itu foto, video dan dokumen hilang? Mungkin ada pesan error saat mencoba membuka foto dan music? Atau kartus sd tidak terbaca oleh system dan tidak menampilkan folder? Jika Anda mengalami hal-hal tersebut . bisa jadi kartu SD Hp Anda mengalami masalah yang penyebabnya bermacam-macam, seperti virus, memori yang sudah lama dan masih banyak lainnya, namun untuk mengatasi hal tersebut Anda tidak perlu panik, berikut ini kami sajikan cara mengatasi kartu SD yang rusak.

Cek kartu memori di perangkat lain
Anda sebaiknya mencoba memasang kartu Sd Anda pada perangkat lain baik berupa Hp atau PC, karena penyebab kartu SD tidak terbaca bisa jadi karena h panda yang bermasalah. Setelah dipasang ke perangkat lain dan ternyata terbaca, maka dapat dipastikan H panda mengalami gangguan namun jika di pasang di perangkat lain pun tidak terbaca, dapat dipastikan kartu SD mengalami kerusakan.

Cara Mengatasi Kartu SD Rusak

Bersihkan Kartu SD
Penyebab kartu sd rusak bisa jadi karena kartu sd kotor atau karena hal lainnya. Cobalah untuk membersihkan lempengan kuning pada kertu sd tersebut. Caranya dengan melepaskan kartus sd dari hp (ingat, agar selalu mematikan hp ketika mengambil kartu sd), kemudian bersihkan dengan penghapus pensil bewarna putih pada bagian tersebut. Dalam membersihkannya harus dilakukan dengan hati-hati dan searah karena jika tidak demikian, justru malah akan merusaknya.

Cek kartu SD melalui PC
Caranya dengan menyambuingkan kartu sd rusak ke PC, kemudian klik kanan pada drive. Pilih dan klik properties, kemudian klik tools dan pilih error checking. Sistem PC akan mencoba untuk mencari tahu penyebab error dan otomatis akan langsung diperbaiki. Jika sudah selesai Anda bisa memasang kartus sd tersebut kedalam Hp Anda.

Scanning dengan anti virus
Ada beberapa virus yang mampu menyembunyikan file di kartu SD, cara mengatasinya ialah dengan menghapus biang virus tersebut melalui antivirus PC baik itu Smadav,  AVG, Avira dll. Caranya Ambil kartu memori dan sambungkan ke PC baik melalui kabel data ataupun card reader, jika kartus sd sudah terbaca di PC, klik kanan dan pilih scan, tunggu proses ini hingga selesai, setelah selesai scan dan menemukan virus, berishkan virus tersebut, eject kartu sd dan hasilnya lihat pada monitor android Anda.

Melakukan Format dari Android maupun PC
Jika cara-cara diatas masih belum bisa menyelesaikan masalah, satu-satunya cara terakhir adalah dengan memformat kartu sd rusak tersebut, disaat seperti ini Anda harus mengikhlaskan dokumen-dokumen yang ada pada kartu sd tersebut.
Format dari Android
Cara format kartu sd dari Android, masuk ke setting kemudian storage kemudian pilih erase sd card, tunggu beberapa saar hingga selesai
Format dari PC
Selain dari PC, Anda bisa melakukan format dari PC. Format dari PC ini dianjurkan jika file dan dokumen masih terbaca di PC namun tidak di HP. Dalam hal ini, Anda masih bisa menyelamatkan file tersebut caranya Anda Copy isi seluruh dari kartu sd tersebut di PC, kemudian setelah di paste di PC, Anda bisa melakukan format kartu tersebut, setelah diformat Anda bisa mengembalikan data-data yang sudah di copy di pc tersebut ke dalam kartu sd, jika sudah lihat hasilnya.

Nah itulah lima cara yang bisa Anda lakukan ketika kartu sd rusak, namun jika setelah melakukan cara-cara diatas masih belum bisa pulih terbaca, kemungkinan memang ada komponen dari kartu sd yang rusak dan tak bisa dikembalikan. Dalam hal ini Anda harus membeli kartu sd yang baru atau menggunakan klaim garansi, karena ada beberapa merk yang memberikan garansi seumur hidup untuk produk kartu sd nya


Share this

0 Response to "Lima Cara Mengatasi Kartu SD Rusak"