Kamis, 18 Januari 2018

Algoritma Youtube Berubah, Siapa yang Dirugikan?

Tepat tanggal 17 Januari 2018, Pihak Youtube merubah aturan bagi para publishernya atau yang lebih dikenal dengan youtuber. Aturan yang dimaksud adalah mengenai Monetize ( iklan tampil di video publisher), jika Aturan sebelumnya, pihak youtube mewajibkan sebuah channel minima 10.000 views namun kini peraturannya lebih ketat dan sadis lagi yaitu mewajibkan setiap channel memiliki 1000 subscriber dengan jumlah waktu menonton minimal 4000 jam (setara 240.000 menit) selama 12 bulan agar channel mereka bisa di monetize, Jika batas tersebut sudah terpenuhi, bukan berarti iklan akan langsung tayang di channel tersebut namun harus melewati proses review dari pihak Youtube sebelum benar-benar di loloskan untun di Monetize.

Banyak hal yang menyebabkan aturan dari pihak youtube makin ketat, salah satunya adalah aksi skandal Logan Paul yang membuat video di tempat bunuh diri, selain itu pihak youtube juga ingin konten yang berada di situsnya adalah konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi para penontonnya, karena isu yang sempat beredar beberapa bulan lalu pihak iklan akan mencabut iklan mereka jika iklan tersebut ditempatkan di video yang tidak pantas oleh pihak Youtube, oleh karena itu di tahun 2018 ini pihak Yotube akan menerapkan peraturan yang lebih ketat dengan dibantu oleh 10.000 karyawan baru Youtube  di tahun 2018. Ya, Youtube merekerut 10.000 karyawan di tahun 2018 untuk mereview setiap video yang lolos monetize atau tidak.

Peraturan Baru Youtube 2018
Peraturan Baru Youtube 2018

Lantas siapakah yang diuntungkan maupun dirugikan dengan aturan baru tersebut. Tentu saja yang diuntungkan adalah pihak pengiklan, penonton dan youtuber lama. Pihak pengiklan tentu sangat senang dengan aturan ini karena iklan mereka hanya tampil pada video yang benar-benar berkualitas yang memiliki subscriber dan waktu tayang yang banyak. Pihak penonton juga akan merasa senang sebab video yang ditayangkan youtube tidak hanya sekedar video ala kadarnya melainkan video yang lebih bermanfaat dan para pemain youtube lama juga akan diuntungkan karena channel mereka tetap aman dan bisa di monetize meskipun aturan ini diterapkan, selain itu nominal cpc mereka juga akan meningkat karena beberapa channel banyak yang tumbang dengan aturan ini, sehingga nilai cpc mereka akan meningkat.
Lalu siapakah yang akan dirugikan dari aturan tersebut? Jelaa mereka yang baru memulai dunia baru sebagai youtuber akan dirugikan, karena bagi mereka yang baru memulai tentu akan sangat sulit mencapai 1000 subscriber dan 4000 jam tayang khusunya bagi mereka yang creator ori, berbeda dengan mereka yang reuploader mungkin jumlah teresebut cukup mudah ditaklukkan namun harus diingat meskipun berhasil menaklukan aturan baru youtube tersebut bukan berarti bisa langsung monetize karena harus direview ulang oleh Pihakyoutube.
Mereka yang mampu bertahanlah yang mampu memenangkannya, mereka yang menyerah kalah sebelum perang sebaiknya berhenti saja cukup sampai disini, karena saya yakin ditahun-tahun yang akan mendatang, algoritma Youtube akan semakin berat.
.




Share this

0 Response to "Algoritma Youtube Berubah, Siapa yang Dirugikan?"