Rabu, 28 Februari 2018

Pekerjaan JAMAN NOW, Pekerjaan Baru di Era Digital??

Beberapa tahun terakhir ini, perkembangan dunia digital semakin pesat, hal ini terlihat dari bermunculnya merk-merk baru smartphone fitur canggih dengan harga yang bersaing. Indonesia merupakan salah satu Negara berkembang yang merasakan era digital ini. Munculnya Marketplace dan toko Online menjadi penghangat di Era  Digital ini

Pekerjaan JAMAN NOW, Pekerjaan Baru di Era Digital??

Menurut sebuah penelitian dari Digital GFK Asia, Penduduk Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 5,5 jam dari bangun tidur hingga beranjak tidur lagi. Tentu ini bisa menjadi keuntungan bagi mereka yang mampu memanfaatkannya. Perubahan gaya hidup yang sangat mencolok beberapa tahun ini juga dipengaruhi oleh perkembangan dunia digital. Jika, dahulu kita harus ke toko untuk membeli baju/peralatan rumah tangga, saat ini kita tinggal duduk dirumah, memesan barang melalui toko online /marketplace dan barang akan datang ke rumah kita, bahkan untuk membeli makan siang pun kita tidak perlu ke luar ruangan, cukup memesan melalui aplikasi ojek online dan makanan pun akan datang ke tempat kita.

Internet mengubah dunia, Internet mengubah peradaban Sejarah Manusia, segalanya telah berubah dan semuanya serba mudah. Dibalik perkembangan era digital dengan segala kemudahannya ini, akan ada mereka yang tak mampu bertahan dan akhirnya menyerah kalah. Pekerjaan yang dulu dibutuhkan mungkin pada akhirnya akan runtuh seiring perkembangan teknologi, sebut saja ojek pangkal yang akan tergantikan ojek online, para pekerja (buruh) akan terganti oleh mesin dengan alasan menghemat efisiensi.

Di Era digital ini, bermunculan pekerjaan baru yang bahkan 10 tahun lalu kita tidak mengerti dengan pekerjaan ini dan pekerjaan baru ini bahkan tidak ada Jurusan kuliahnya. Ya, Perguruan Tinggi seharunya beradaptasi dengan perubahan era ini dengan menghadirkan jurusan-jurusan baru yang lebih segar untuk menghadapi persaingan di Era Digital ini.

Semua pekerjaan baru yang akan menghiasi era digital ini adalah pekerjaan yang terhubung dengan internet, sebut saja publisher, internet marketing, Game Creator, dll. Dari interenet marketing saja kita bisa membagi ke beberapa pekerjaan, seperti Affiliate, dropshipper dan reseller. Dimana pekerjaan – pekerjaan tersebut membutuhkan skill di dunia online seperti Copywriting, SEO, Cara Closing, Email Merketing, maupun social media marketing.

Pekerjaan di Era Digital ini memiliki budaya berbeda dengan pekerjaan terdahulu, jika pekerjaan dahulu identik dengan datang ke kantor sesuai jadwal yang telah disediakan, pekerjaan JAMAN NOW tidak perlu ke kantor, karena untuk bekerja mereka hanya butuh koneksi internet saja dan akan menghasilkan uang, bahkan mereka bebas mengatur waktu kerja mereka (kapanpun dimanapun). Di era digital ini kita tidak perlu membawa dokumen lamaran kerja ke perusahaan-perusahaan, cukup searching pekerjaan freelance diinternet dan kita bisa bekerja sesuai kemampuan kita, jika kita seorang publisher, kita bisa membuat konten yang menarik di situs kita.

Banyak mahasiswa JAMAN NOW yang mengatakan bahwa mereka salah jurusan kuliah, padahal kenyataannya mereka BUKAN SALAH JURUSAN namun jurusan kuliah tersebut memang belum ada di Perguruan Tinggi.


Dunia digital merubah segalanya, kita dituntut untuk beradaptasi dengan perubahan ini termasuk dalam hal pekerjaan, karena bekerja dirumah saja kita bisa mendapatkan uang jika kita mampu memanfaatkan teknologi. Salam Sukses Otak Kecil. 

Share this

0 Response to "Pekerjaan JAMAN NOW, Pekerjaan Baru di Era Digital??"